Sabtu, 27 Desember 2008

Operasi pada String

Kita telah membahas string secara dasar, mulai dari membuat string, indexing, hingga slicing string. Sekarang kita akan membahas lebih dalam tentang string, yaitu metode-metode dan operasi-operasi yang dapat dilakukan string. Metode-metode tersebut dapat Anda lihat dengan mengetikkan help(str)pada interpreter.

Dalam python, kita dapat melakukan operasi penggabungan/concatenate string, yaitu dengan menggunakan operasi tambah (+). Perlu diperhatikan bahwa dalam string, s1+s2 tidak sama dengan s2+s1. Perhatikan contoh di bawah.

>>> s1 = "This is "
>>> s2 = "concatenated string"
>>> s1 + s2
'This is concatenated string'
>>> s2 + s1
'concatenated stringThis is '

Selain itu, kita juga dapat menggunakan operasi kali (*) untuk mengulangi sebuah string s sebanyak n kali, yaitu dengan mengetikkan n*s atau s*n. Ini sama saja dengan s+s+s+...+s sebanyak n kali.

>>> s = 'ku'
>>> s*2
'kuku'
>>>3*s
'kukuku'

Selain operasi-operasi di atas, kita juga dapat melakukan beberapa metode pada string. Di antaranya adalah count, find, index, dan split.
Metode s.count(sub) menghitung berapa banyak kemunculan substring sub dalam suatu string s.
Metode s.find(sub) mencari index terendah substring sub dalam string s. Jika tidak ada, akan mengembalikan -1.
Metode s.index(sub) sama dengan metode find, akan tetapi metode ini menghasilkan ValueError jika tidak menemukan substring sub tersebut.
Dan metode s.split(sep) adalah memisahkan suatu string s menjadi list beberapa string yang lebih kecil yang awalnya terpisahkan oleh sep. Jika argumen sep tidak diberikan, maka nilai sep akan diset sebagai spasi (' ').

>>> s = "This is an example string"
>>> s.count("is")
2
>>> s.index("s")
3
>>> s.find("z")
-1
>>> s.split()
['This', 'is', 'an', 'example', 'string']

Masih banyak lagi metode-metode string yang dapat Anda gunakan, Anda dapat melihatnya dengan mengetik help(str) pada interpreter dan mencoba-cobanya sendiri.

1 komentar: