Jumat, 26 Desember 2008

String pada Python

Untuk membuat string pada python, cukup dengan menggunakan tanda kutip ' atau ". Kedua tanda kutip ' atau " dapat dipakai, asalkan tanda kutip pada awal dan akhir string sama. Pemakaian tanda kutip yang berbeda pada awal dan akhir string dapat menyebabkan SyntaxError pada interpreter. End of Line pada string menggunakan simbol "\n", sedangkan tab menggunakan "\t". Berikut adalah contoh-contoh string yang benar.

>>> a = "This uses double-quote"
>>> b = 'This uses single-quote'

>>> c = "Don't go anywhere!"


Untuk membuat string yang terdiri dari beberapa baris, Anda dapat menggunakan tanda kutip sebanyak tiga kali, baik itu single-quote ataupun double-quote.

>>> d = """This is
... multiple-lines
... string"""


Karakter-karakter pada string dapat dipanggil dengan melakukan indexing string. Yaitu dengan menggunakan tanda kurung siku '[' dan ']', seperti berikut varName[index]. Perlu diingat bahwa indeks dalam python selalu dimulai dari 0.

>>> c[0] # lihat variabel c di atas
'D'


Selain itu, dapat pula dilakukan slicing pada string. Yaitu dengan mengetik sesuai pola berikut varName[beginIndex : endIndex]. String yang dikembalikan adalah substring dari index beginIndex hingga endIndex-1. Atau dengan kata lain, karakter yang berada di endIndex tidak termasuk dalam slicing tersebut.
Jika kita tidak menuliskan endIndex-nya, maka yang dikembalikan adalah substring dari beginIndex hingga akhir dari string tersebut. Begitu juga jika kita hanya menuliskan endIndex-nya, yang dikembalikan adalah substring dari awal string hingga endIndex-1.

>>> b[2:6] # mengambil dari 2 hingga 5
'is u'
>>> b[5:] # mengambil dari 5 hingga akhir string
'uses single-quote'
>>> b[:7] # mengambil dari awal string hingga 6
'This us'


Anda juga dapat menuliskan index yang bernilai negatif. Jika -1, maka yang terpanggil adalah karakter pada akhir string. Untuk lebih jelasnya, lihat penentuan index untuk string "String" di bawah ini.

 S  t  r  i  n  g  S  t  r  i  n  g
-6 -5 -4 -3 -2 -1  0  1  2  3  4  5


Semua yang Anda telah dapatkan di atas, tentunya akan lebih baik jika Anda mencobanya sendiri. Akhir kata, selamat mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar